15 September 2008

MP.....????

Apa sih sebenarnya Manajeman Pengetahuan??


Ada banyak pendapat yang menyatakan bahwa Menajemen Pengetahuan (MP) sebenarnya adalah kemasan baru dari Manajemen Infornasi (MI). jika ditelusuri lagi, MP memiliki hubungan erat dengan organisasi pengetahuan, sedangkan pengetahuan merupakan kelanjutan dari informasi.

Ada beberapa definisi dari MP:

  • Manajemen Pengetahuan adalah sebuah ilmu pengetahuan yang memajukan sebuah kemajuan integrasi untuk ciptaan, penangkapan, organisasi, acces dan penggunaan interpretasi Intellectual Capital pada pelanggan, pasar, produk, pelayanan dan proses internal. (Marc Auckland, Chief Knowledge Management from British Telecommunication)
  • Manajemen Pengetahun adalah sebuah ilmu pengetahuan yang bertujuan untuk mendorong asset pengetahuan organisasi sehingga memampukan individu dalam organisasi meningkatkan performa kerjanya melalui proses pembuatan, penyimpanan, perlindungan, pembagian, dan pengaplikasian pengetahuan. (British Council)

Penggunaan MP pada perusahaan dapat dilihat pada The Library Association. Selama beberapat tahun Library Association (LA) dengan cepat mempromosikan ilmu perpustakaan dan professional informasi sebagai sebuah bagian inti dari aktivitas MP. Sekarang, program MP pada LA merupakan hasil yang diperoleh untuk melihat sebuah perubahan pandangan tentang pustakawan yang bias berkontribusi untuk pengetahuan organisasi mereka.

3 comments:

Anonymous said...

well... banyak banget pengertian MP. okeh tuh. hehe...
pertama kali ngeliat kata MP, gue pikir artinya Merpati Putih. hehe...

Monica Nur said...

informasinya disampaikan dengan sistematis...

Rika Arti said...

ow ow..
iya deh ning.. aku jadi mengerti MP itu apa..
hehehe
;)

Powered By Blogger